Kamis, 02 Juni 2011

Aqiqah Baby April

Hari ini baby April di Aqiqah, sebagai syarat karena kami seorang muslim. Dalam Islam, setiap bayi yang lahir dalam Islam adalah tergadaikan sampai orangtuanya menyembelih hewan(kambing), 1 ekor kambing untuk anak perempuan dan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki, selain itu juga menghilangkan segala gangguan pada bayi dengan mencukur sedikit rambutnya. Aqiqah itu juga sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran bayi dan hukumnya adalah Sunnat Muakad. Dagingnya nanti diolah menjadi masakan yang dinikmati para undangan pengajian. Kebetulan acara kali ini sekalian dengan mencukur sedikit rambut baby April (yang sangat tipis, hehe), sebagai syarat membersihkan dari "dunia" rahim ibunya. Tradisi yang sering saya ikutin, si baby nanti digendong mengelilingi ibu-ibu pengajian yang hadir, tapi yang mencukur rambutnya hanya ustadzah tertentu saja, yang lain mengusap kepalanya saja, lalu mulutnya diusap dengan madu sambil didoakan supaya nanti kalau sudah besar pandai mengaji (amin.....). Kebetulan saya mendapat kehormatan yang menggendong baby April keliling, tapi sayang fotonya ada di kamera ibunya, jadi saya belum sempat mengcopy nya. yang terekam di kamera saya hanya foto baby April sesaat sebelum prosesi. Beeralaskan kain batik 7 lapis(entah maksudnya apa?) dan berpakaian serba putih, melambangkan kesucian bayi yang baru lahir.


Nah ini saya dah dapeet fotonya waktu saya gendong dia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar