Senin, 04 Februari 2013

Akhirnya caesar juga....

Akhirnya setelah rundingan sama suami dan keluarga, kita putusin untuk lahiran di rs Sari Asih ciputat. Pertimbangan pertama sih karena deket sama rumah, berhubung abis lahiran langsung pulang ke pamulang. Pertimbangan kedua adalah disana ada fasilitas askes, jadi bisa manfaatin askes, secara gaji suami juga dipotong tiap bulan. Alhamdulillah suami pns jadi punya askes untuk meringankan biaya persalinan.
Di minggu ke 34 kehamilan saya mulai pindah dsog ke sari asih, dr. Winda. Kebetulan waktu tahun lalu sempet hamil dan keguguran (yang kedua kalinya) saya periksa dengan beliau. Tapi berhubung ada kendala dengan mata minus saya, dan menurut dsog yang sebelumnya saya harus cek kondisi mata ke spesialis mata, jadilah saya inisiatif periksa ke dokter spesialis mata di sari asih, tanpa ke dr. Winda dulu.
Begitu cek kondisi mata saya, bener-bener bikin kaget, ternyata minus mata saya bertambah. Yang kanan jadi -8 dan yang kiri jadi -9,25 ditambah silinder 1. Waduh kaget banget pas tau. Trus kondisi retina mata saya juga diperiksa. Menurut dokter kondisinya masih bagus dan tidak ada kekhawatiran yang berarti jika saya melakukan persalinan normal, tapi saya tetep harus konsul ke dr. Winda.
Duh udah seneng banget denger klo saya bisa melahirkan secara normal. Sekalian kita juga tanya-tanya ke bagian askes sari asih soal biaya, baik secara normal maupun caesar. Ternyata kalau di sari asih sistemnya adalah cost sharing, bukan reaimbursement. Jadi ada bagian yang ditangngung oleh askes, dan dibayarkan oleh peserta askes. Tapi meskipun gitu, biayanya lumayan ringan, dan kami rencana upgrade kelas ke vip. Bukan mau sok sih, cuma berhubung kami berdua keluarga besar, supaya lebih nyaman kalau saudara datang untuk tengok.
Nah di minggu berikutnya, minggu 36 baru saya kontrol ke dr. Winda. Berhubung data saya di rekam medis pasien terakhir di jan 2012, jadi dr. Winda pikir saya mau cek pasca keguguran, karena dia gak liat tahunnya, dan meskipun lagi hamil 9 bulan, perut saya juga tidak terlalu besar, hehe...
Sebelum salah paham, langsung saya jelasin kondisi saya plus kasih liat buku kehamilan saya.
Waktu di usg, alhamdulillah posisi bagus, kepala mapan dibawah, placenta posisi diatas sebelah kanan, air ketuban cukup dan bagus, tidak ada lilitan, plus pertumbuhan kedua buah zakar bebiT juga normal.
Tapi begitu saya jelasin hasil pemeriksaan dengan dokter spesialis mata dan kondisi minus saya yang lumayan tinggi, dr. Winda gak berani kalau melahirkan normal. Batasnya adalah minus 4, menurut beliau pernah ada pengalaman pasien memaksa untuk melahirkan normal, tapi akhirnya malah ada masalah dengan matanya. Mau gak mau saya harus melahirkan secara caesar. Dueeennngg!!! Duh udah mulai ngebayangin gimana prosesnya nanti.
Kita putusin untuk rundingan dulu nih, kalo udah ada hasil kita langsung balik ke dr. Winda lagi. Di minggu 37 sudah bisa dijadwalkan untuk operasinya. Berhubung ini bulan februari dan waktunya deketan sama valentine, dr. Winda kasih pilihan tanggal 14 dan 18 feb.
Well setelah banyak pertimbangan dan suami juga keluarga mementingkan keselamatan saya dan calon bayi kami, jadilah kami putusin untuk caesar di hari kamis tanggal 14 feb, bukan karena mau di pas in sama valentine, tapi karena itu hari kamis, jadi suami bisa ambil cutinya 2 hari aja, plus deket sama weekend klo sodara dan teman mah jenguk ;)
Gimana cerita prosesnya, nanti saya ceritain semua suka dukanya deeeeh

1 komentar:

  1. Bunda, selamet ya, BTW cost sharing untuk caesar yg hrs di tanggung pasien berapa ya. ? share pengalamannya dong.....
    thx

    BalasHapus