Minggu, 03 Oktober 2010

Trip KL - Singapore Hari Ketiga 3 Oct 2010

Hari ketiga kita lanjut perjalanan ke S'pore lewat jalan darat by bus. karena bus berangkat jam 8.30, kita wajib cek in 30 menit sebelumnya. so kita siap-siap jam 7 untuk packing, jam 7.45 kita cek out hotel,bisa pas jam 8 kita cek in di kantor bus. setelah cek in kita dapet air mineral 2 botol ukuran 500ml, jangan lupa kartu imigrasi yang untuk di imigrasi S'pore diisi ya. Untuk di jalan kita beli roti sama snack di seven eleven sebelah kantor bus untuk persiapan di jalan. Gak begitu lama bus datang, langsung kita tarok tas di bagasi bus, trus kita cari tempat duduk. kursinya lumayan lega dan luas, reclining pula, ber-AC kursinya itu 2 seat sebelah kanan dan 1 seat sebelah kiri. jadi gak terlalu banyak, mungkin sekitar 26 orang. Setelah di absen oleh pak supir yang orang india, bus berangkat. pemandangan sepanjang perjalanan tidak begitu menarik, hanyak jalan tol dan perkebunan sawit. Sebelum masuk Johor Baru kita keluar tol dulu untuk mampir di rest area untuk istirahat. kita dikasih waktu sekitar 30 menit. nah manfaatin waktu deh buat ke toilet, makan siang, merenggangkan otot badan. Sebelum berangkat sang supir kembali mengabsen kita. Lalu perjalanan lanjut ke Johor Baru, Keluar dari Johor Baru kita masuk Imigrasi  Malaysia, disini kita tidak perlu mengeluarkan bagasi kita, cukup bawa pasport sama kartu imigrasi sobekan saat kita tiba di Kuala Lumpur. Untuk yang pertama kali ke Malaysia, petugas akan sedikit tanya-tanya, kalau bisa jawablah dengan bahasa inggris, mereka biasanya akan lebih respect. Beres urusan imigrasi, lanjut lagi perjalanan, owiya kita harus cepat disini, walaupun supir nunggu tapi kita gak bisa berlama-lama.
Lanjut ke Imigrasi S'pore, kita akan menyebrang jembatan yang menghubungkan Malaysia dan S'pore, kebetulan jalur yang kearah S'pore lancar, sedangkan sebaliknya padat merayap. Letak kedua kantor Imigrasi ini tidak begitu jauh, antar perbatasan kedua negara. Nah kalau di Imigrasi S'pore kita wajib menurunkan semua barang bawaan kita. kita juga harus gerak cepat disini. Kembali lagi karena ini pertama kalinya buat saya, maka orang imigrasi S'pore (orang melayu), kembali nanya-nanya, ngapain kesini? sama siapa? pertama kali ya?. saya usahain jawab dengan bahasa inggris, dalam rangka liburan berdua sama suami, kebetulan suami pernah ke S'pore, jadi dia gak gitu reseh.
lolos di petugas untuk stempel passport, kita ke x-ray, lolos juga, lanjut balik bus. ternyata bus udah nunggu kita. setelah supir merasa penumpangnya lengkap, bus kembali jalan. total perjalanan sekitar 5 jam.
akhirnya sampailah kita di Beach Road S'pore, karena lelah di jalan dan gak mau capek lagi buat nyari hotel, kita mutusin untuk naik taxi, supirnya chinese, orangnya baik, waktu saya kasih alamat hotelnya dia bisa bahasa melayu, "boleh" gitu katanya. dari beach road ke hotel kita di jalan balestier road ternyata deket, gak sampe 10 menit, biaya S$5. Hotel kita di S'pore namanya Fragrance Rose Hotel, sama jenisnya kayak yang di Malaysia, termasuk hotel budget juga, kita juga dapetnya dari hotel agoda Singapura. hotel di s'pore rata2 lebih mahal dari  Malaysia , kita gak kepikiran juga buat sewa apartemen harian yg di kawasan lucky plaza, lagipula itu kan ilegal ya. Kamar hotel ini lebih luas, plus ada jendela yang mengarah tepat ke jalan . berhubung perbedaan waktu yang lebih cepat 1 jam, jadi agak kaget liat jendela udah jam 7 malem masih terang benderang, hehe...di hotel ini baru bisa cek in jam 3 siang,  dan gak bisa early cek in, tapi bisa titip tas, makanya kita titip tas dulu, lalu lanjut cari makan, sekalian mau beli kartu ez link, jadi kita tanya stasiun MRT terdekat  dibawah Mall Novena Square / Velocity dan ternyata emang dekat, cuma kita harus 2 kali naik bis, jaraknya sih 5 menit aja. lagi-lagi sebelum berangkat kita udah browsing soal MRT yang memang transportasi utama disini,lengkap bisa diliat di SMRT.
Di hotel ini juga banyak brosur2 dan peta pariwisata singapore, langsunglah kita ambil beberapa lembar. Berhubung kita gak tau ongkos naik bus kesana, jadilah kita berpetualang jalan kaki di siang bolong, hahaha.... setelah tanya2 lagi sampailah kita disana. Langsung ke konter untuk beli 2 kartu ez link, seharga S$12/org, isinya S$7, kartunya bisa di top up minimal S$10. ada beberapa pilihan kartu, ada yang khusus untuk turis, tapi kartunya mesti dibalikin kalo kita balik ke negara asal dan harganya lebih mahal, karena ada deposit. sedangkan ez link yang umum gak ada deposit, dan kartunya bisa dibawa pulang, klo sewaktu-waktu kita balik ke sini tinggal di top up deh. Kartu ini yang dipakai sama orang s'pore untuk bayar transportasi umum, kayak kereta, MRT, Bus, Taxi, beli minuman juga bisa. tinggal tempelin kartunya di alat kayak Flash BCA. Nah untuk biaya tergantung jarak, semakin jauh semakin mahal.
Disini, di setiap mall, pasti ada stasiun MRT di basement mall. pokoknya mudah banget deh, mau nyambung2 juga gampang banget. karena petunjuknya jelas, dan yang pasti teratur, bersih, rapih, antri, tertib. Bahkan kalo kita nyebrang jalan di jalan kecil, mobil pribadi atau taxi pasti akan dengan sabar nunggu kita nyebrang, jadi mobil nunggu kita. klo di indo mah, mo nyebrang susahnya minta ampun, kudu sabar nunggu mobil yang kasih jalan. kecepatan mobil disini juga gak ada yang ngebut banget, serba teratur. bahkan bus jalurnya kiri terus, kecuali bukan trayek dia, baru pindah jalur ke tengah/kanan. dan pedestrian side tuh tersedia jalurnya sepanjang jalan kenangan, gak ada tuh motor yang naik kesitu (motor juga bisa diitung pake jari). jadi nyaman-nyaman aja klo mau jalan kaki. bahkan malam hari juga aman dan nyaman.Mudah-mudahan kita bisa belajar ya soal disiplin.

Kembali bercerita, untuk makan siang, karena yg kita nemu di mall Velocity yang halal hanya KFC jadilah kita makan disitu, lumayan ada paket ayam goreng, burger, mash potatoes, sama minum berdua S$12. tapi bikin kenyang banget, sampe burger bagian saya, saya bawa ke hotel untuk ganjel perut. kelar makan, kita balik ke hotel buat cek in. istirahat, mandi lanjut ke Orchard Road naik MRT. Suasananya rame di sepanjang jalan, kita cari makan di Lucky Plaza, kebetulan ada kedai Nasi Padang, tapi kita pesen nasi goreng, lumayan enak, masuk di lidah. total makan malam berdua + minum S$10. sebenernya di deket hotel ada Hawkers Stall, tapi kita belum sempet liat-liat kesana. Puas menikmati Orchard pulangnya kita lewat mal ION, untuk kembali pulang ke hotel naik MRT, nah emang mata yang jelalatan, liat2 di Cotton On, malah jadi blanja deh, beli sendal, sepatu sama kaos, hehe....owiya, klo kita punya KK UOB disini diakui bgt loh, krn blanja pake KK UOB, dikira itu kartu atm, hehe... Akhirnya harus segera kembali ke hotel untuk istirahat karena besok pagi-pagi harus berangkat ke Sentosa Island Universal Studio.